Senin, 4 Juli 2022

UNS INN

Jalan Ir. Sutami Nomor 36 A Jebres, Kota Surakarta

Home » News » Menjelajah Tawangmangu yang Jadi Destinasi Herbal Tourism Indonesia

Menjelajah Tawangmangu yang Jadi Destinasi Herbal Tourism Indonesia

Tren dunia pariwisata saat ini terus berkembang menyesuaikan gaya hidup masyarakat. Orang-orang pergi ke tempat wisata nggak hanya untuk hiburan semata, tapi juga memiliki minat khusus yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah wisata kesehatan, misalnya wellness tourism dan herbal tourism.

Apalagi di kondisi pandemi yang membuat kesadaran gaya hidup sehat masyarakat meningkat, sehingga minat wisata herbal juga turut meningkat. Wisata herbal Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi salah satu herbal tourism di Indonesia yang sedang dikembangkan secara besar-besaran oleh Kemenparekraf. Selain itu, wisata herbal Tawangmangu juga menawarkan konsep wisata yang ramah keluarga dan menjadi sarana edukasi.

Tawangmangu sebagai destinasi herbal tourism memiliki potensi sumber daya alam tanaman herbal yang melimpah dan teruji secara ilmiah

Dipilihnya Tawangmangu sebagai destinasi herbal tourism memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, Tawangmangu memang menjadi pusat kesehatan herbal milik Kemenkes yang tentunya berpotensi mendorong perkembangan herbal tourism di Indonesia. Di Tawangmangu sendiri terdapat sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dibudidayakan secara besar-besaran. Salah satu kebun herbal yang bisa kamu kunjungi adalah kebun subtropik dan romatik di Dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Tawangmangu.

Jangan khawatir, seluruh tanaman herbal di Tawangmangu dikelola dengan standar modern, teruji secara ilmiah, diawasi, serta diuji khasiat dan keamanannya. Selain tanaman herbal, kamu juga bisa menjumpai wisata aroma terapi, meditasi, makanan sehat dan wisata alam yang berkonsep wellnes tourism, lo.

Mengunjungi Rumah Riset Jamu Hortus Medicus untuk menyaksikan perkembangan teknologi dan industri herbal

Salah satu destinasi herbal tourism yang nggak boleh dilewatkan adalah Rumah Riset Jamu Hortus Medicus atau disebut juga Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT). Di sini terdapat klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, serta rumah kaca adaptasi dan pelestarian obat.

Kamu bisa berkeliling kebun herbal dan melihat uji tanaman di laboratorium, bahkan bisa juga mencoba membuat ramuan herbal sendiri, lo. Di rumah riset ini, tentunya pengunjung akan mendapat pengalaman yang cukup menarik dan edukasi tentang taman herbal yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Menikmati wellness and herbal tourism di Rumah Atsisi Indonesia yang menawarkan berbagai paket wisata super komplet

Bagi kamu penggemar tanaman herbal, aromatik, minyak atsiri dan wellness activity, Rumah Atsiri Indonesia wajib kamu kunjungi. Di sini kamu akan disuguhi tanaman bunga warna-warni yang nggak hanya cantik tapi juga memiliki berbagai manfaat. Ada juga green house, laboratorium dan rumah produksi minyak atsiri. Suasana sejuk, asri dan pemandangan Gunung Lawu menjadi akan menyuguhkan suasana yang tenang saat berada di rumah Atsiri ini.

Di sini kamu bisa memilih berbagai paket wisata misalnya untuk keluarga atau minat-minat khusus seperti yoga di tengah hutan pinus, workshop kerajinan berbahan herbal, cooking class, membuat ramuan herbal, berkebun dan sebagainya. Menariknya lagi, kamu juga bisa bermalam di Rumah Atsiri dengan konsep penginapan yang super cantik di tengah kebun herbal.

 

Sumber : https://www.hipwee.com/